Archive for the 'do it yourself doong….' Category

Sok Ngasih Tutorial Neh Ceritanya

Oke, kita emang blum jago banget tapi lumayanlah.

Jadi ceritanya gini, kita sekarang  mulai bereksperimen dengan embroidery di bahan blacu untuk campaign #365kristikpiyik kita.

Intinya sekarang kita bisa bilang, selama kalian punya jarum dan benang berarti bisa ngerjain embroidery dimana aja (asal bisa ditusuk ya…. jangan di kayu atau batu donk, susah nusuknya…hehhehe)

Nah kita mau share step by stepnya yang kita lakuin:

*maap kalo poto2nya kurang jelas soalnya kita ngerjainnya di remang-remang petromak*

1. Cari ide dan sket dulu, misalnya contoh sket gigi palsu gigit sendal jepit dibawah ini :

2. Abis itu kalian gambar deh di kain apapun dengan bolpen khusus kain yang tintanya bisa ilang kalo kena air. Harganya cuman 15 ribu tapi efektif banget….google aja, kita juga beli online kok :

Nah pada saat ngegambar, kuncinya adalah merhatiin ukuran proporsinya agar pas ama hoop/ bidangnya. Ini nih kita contohin, kalian bisa liat garis lingkaran warna biru yang jadi panduan posisi gambar dan proporsinya di hoop.

3.  Oh, jangan sampai lupa benang ya, percuma kalian udah ngegambar kalo gak punya benang…hahahha 😛

4. Nah terus eksperimen deh ama teknik-teknik embroidery, serunya tuh ngelakuin ginian di depan monitor komputer kalian.

5. Nah setelah beberapa lamaaaaaaaaaaaaaa (kita jamin gak sebentar bikin ginian, perlu ketekunan hihihihi) maka selesai dan diguyur air biar sket spidolnya ilang. Abis itu biasanya kita jembrengin ama sket awal dan kita ketawain soalnya pasti hasilnya gak mirip ama sket di kertas.

6. Bentaaar, ini belum beres…..

Kalau kita sih hobinya majang hasil karya embroidery kita pake hoop sebagai framenya.

Naaah ini berarti setelah kainnya kering, kalian mesti setrika dulu biar cakep dan mulus. Lalu setelah itu musti balik pasang ke hoopnya lagi. Ini rada tricky soalnya pake feeling, semua garis sket udah ilang. Di sini intinya harus pede!

7. Setelah terpasang ciamik di hoop, sisa kainnya dipotong bentuk melingkar ngikutin hoop tapi sisain sekitar 2-3 cm.

8. Trus, setelah rapi terpotong, kalian tempel double tape di bagian dalam pinggiran hoop.

9. Setelah beres, lipet sisa pinggiran kainnya agar nempel ke double tape di bagian dalam. Hasilnya kaya pinggiran pai….hehehe…

10. Abis itu bikin tutup buat belakangnya.

Kita buat tutupnya dari karton duplek yang dilapis ama kain putih biar rapih. Ukuran dupleknya ngikutin hoop yg bagian dalem yaaa.

Pinggiran kain dijait jelujur, trus ditarik seperti kaya gini.

11. Terus abis itu tutup yang tadi kita bikin, kita taro dibelakang hoopnya. Sewaktu masang tutupnya memang harus sedikit didorong pinggir2nya karena sengaja dibuat ngepas agar gak copot2. Naaahhhh…rapih kan jadinyaaa…hehehhe 😀

12. Yak sekarang kalian bisa pajang dengan bangga di tembok kalian.

Ihiiiiyyyyy….Selamat mencoba yaaa 😀

365 Kristik Piyik

.

Halo teman, kita berjumpa lagi di campaign paling ambisius kita di taun 2012 ini : 365 Kristik Piyik. Yap rencananya dari tanggal 16 februari 2012 ini sampe tanggal 15 februari 2013 kita TIAP HARI BAKAL BIKIN SATU DESAIN KRISTIK PIYIK (Ambisinya).

Nah seperti kebanyakan campaign di dunia yang pada dasarnya cuman publicity stunt biar keliatan serius dan dianggap brand yang punya komitmen, maka kita juga harus ngakalin gimana supaya bisa 365 Kristik Piyik dari 16 februari 2012 ampe 15 februari 2013 donk.

Tentu kita gak tiap hari bikin satu tapi kita bakal pastiin kalo di hari ke 365 nanti kita harusnya punya 365 desain Kristik Piyik yang bisa kita banggain ke kalian…

.

.

Sebenernya ini rada kontradiktif secara taun ini sebenenernya kabisat, jadi kalo mau sebenernya 366 tapi kita kan gak mau sok ikuan 366 maunya kan 365!  jadi ya 365 Kristik Piyik aja bukan 366!!

Nah untuk beberapa hal lagi sebenernya kita di Apanamanya sendiri udah ada beberapa perubahan mendasar yang mudah-mudahan bikin kita lebih baik dalam berkecimpung di dunia ini : Semacam kita sekarang nge-kristik udah punya frame bulet kayak dibawah neh..pamer neh!!

.

.

Akhir kata semoga semua kristik piyik yang kita bikin diterima disisi tuhan yang maha penyayang dan maha pengasih,

Cheeeers

APANAMANYA CREW

APANAMANYA & PRETTY UGLY di HELLOFEST 8

Sabtu tanggal 4 februari 2012 kemaren kita buka booth di Hellofest 8 lo teman-teman.

.

.

Ini Backdrop kita yang kumuh dan berantakan dengan konsep gembel ber-attitude 🙂

.

.

Ini kurcaci kita yang mogok kerja di hari-H, dia menuntut : tidur, Grey Goose, Moscato dan liburan di Hawaii 🙂

.

.

Kalo ini bagian samping booth, yang kita cover dengan wall hanger bergambar muka yang seru dipake buat backdrop foto-foto.

.

.

Ini foto cincin kristik piyik kita yang nyisa…

.

.

Nah kalo yang diatas ini kalung-kalung kristik piyik kita lo

.

.

Kita disana juga tetanggaan ama MIKISI & DOUBLE TROBLE lo

.

.

Ini Boothnya Double Troble yang seru dengan kamera pinholenya serta koleksi hasil foto-foto pinhole kamera mereka

.

.

Pinhole kamera mereka keren banget loooo

.

.

Terus-terus ini boneka-boneka seru si Pretty Ugly yang ada dimeja kita neeh

.

.

Diseberang kita juga ada si @vantiani lo, ini foto mejanya dengan barang-barangnya yang retro

.

.

Dan disebalah @vantiani juga ada mejanya si @sundaysundries yang seru (liat deh pisang gedenya, pop art banget gak tuh) seru banget kan

Menyenangkan sekali berkumpul bersama dengan teman-teman di Hellofest kemaren, ini yang kedua kita ikutan. Gak menutup kesempatan kita ikutan lagi dikemudian hari. Abis senang seh..ketemu teman-teman sambil jualan 🙂

Andina bikin hanger DIY lo

Waaaaah inget postingan kita jaman dulu tentang tutorial bikin hanger? ternyata ada satu teman kita yakni Dinah yang bikin looooo.

Waaaah senangnya kita ngeliatnya. Ini hasil karyanya Dinah. Kereeeeeeeen banget yaaaaa .

Oh iya mudah-mudahan di bulan Februari ini ada disain baru T-Shirt APANAMANYA loooo

Tunggu tanggal mainnya ya

Cheeers


APANAMANYA available at:

Tobibi Studio : Jl. Bangka 11 no 84 b, Jakarta Selatan. tobibistudio@gmail.com | 0811903734

iCreate Gallery : Blitz Megaplex, Grand Indonesia, 8th Fl Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta

++ Omuniuum ++ Ciumbuleuit no: 151 B lt. 2 Bandung 40141 087821836088 022-2038279 http://omuniuum.net

::: dia.lo.gue artspace ::: Jl. Kemang Selatan no 99A Jakarta Selatan 12730 021-719 9671/72 Info@dialogue-artspace.com

APANAMANYA for kids available at:

Mima's Closet @ Playparq Jl. Kemang Timur No. 72, Jakarta Selatan

APANAMANYA PROJECTS

Horror Review/Merch Stuff

80's Comic Review Stuff

On Going Project Stuff

archives apanamanya

categories

Follow Apanamanya on Twitter

Apanamanya on Flickr

Recommended links

Vantiani Craft Stuff

Koola Stuffa Stuff